Tips Cara Membahagiakan Isteri dan Anak-Anak Kita yang Mudah dan Murah

Keluarga kita adalah sesuatu yang penting dalam hidup kita.  Keluarga utama adalah keluarga yang terdiri atas sepasang laki-laki dan perempuan dewasa beserta anak-anak kandungnya.  Orang yang baik pasti bersedia berkorban untuk keluarganya walaupun pengorbanannya membawa dampak yang tidak baik bagi dirinya.  Kita pun bisa turut merasakan perasaan dari orang-orang yang hidup tanpa keluarga, di mana pasti mereka sangat merasa sedih sekali karena hidup sebatang kara.  Oleh karena itu kita harus beryukur kepada Tuhan atas berkahnya sehingga kita masih bisa merasakan kehangatan keluarga kita hingga saat ini.

Sebagai seorang kepala keluarga yang baik serta sebagai seorang laki-laki sejati kita harus menjadi seseorang yang bisa memimpin keluarga.  Pemimpin keluarga harus mampu menunjukkan arah yang benar dan memastikan anggota keluarga yang lainnya berjalan mengikuti ke arah yang benar.  Sosok ayah yang baik harus bisa menjadi contoh yang baik bagi anggota keluarga yang lain sehingga dapat menjadi seseorang yang dibanggakan oleh keluarga.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat bahagia isteri dan anak-anak kita tanpa biaya yang besar :

1. Selalu Ada Untuk Mereka

Usahakan selalu berada di dekat mereka di sepanjang waktu.  Tentu saja ketika bekerja dan melakukan berbagai aktivitas luar rumah non keluarga lainnya kita tinggalkan keluarga kita untuk sementara waktu.  Setelah urusan selesai seorang kepala keluarga harus kembali ke rumah untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

2. Selalu Memberi Perhatian

Berkomunikasilah yang baik dengan isteri-isteri dan anak-anak kita di rumah.  Ciptakan kehangatan keluarga dari obrolan-obrolan, candaan-candaan, hingga kemarahan-kemarahan yang dilontarkan demi kebaikan keluarga itu sendiri.  Sering-seringlah mengajak bicara anak-anak kita sehingga mereka bisa mengadukan berbagai masalah mereka serta mendapatkan solusi yang terbaik dari sosok seorang ayah.

3. Selalu Memberi Motivasi

Para anak dan isteri harus terus-menerus diberikan motivasi agar mereka mau menjaga keutuhan dan kebahagiaan rumah tangga selama-lamanya.  Motivasi juga perlu diberikan untuk menyemangati anak-anak dalam menyongsong masa depan mereka yang akan mereka lewati dengan penuh perjuangan, gelak tawa dan derai air mata.

4. Mengajak Ke Jalan yang Lurus

Seorang pemimpin keluarga yang baik harus mengetahui tujuan hidup ini sehingga dapat menurunkannya kepada anak-anaknya.  Tujuan hidup ini adalah untuk beribadah kepada Tuhan serta bertakwa kepadaNya.  Setelah itu barulah kita menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada dengan ajaran agama kita, sehingga apa yang kita lakukan selalu mendapatkan kebaikan dari Tuhan kita.

5. Menjadi Suri Tauladan yang Baik

Sebelum memberikan suatu arahan kita harus berkaca pada diri kita sendiri apakah kita telah melakukan hal yang baik tersebut atau belum.  Jika belum maka segeralah berubah menjadi orang yang baik saat itu juga.  Dengan begitu maka anak-anak dan isteri-isteri kita tidak akan berbalik menyalahkan kita ketika kita memberikan nasihat atau arahan yang baik.

6. Memberikan Kejutan demi Kejutan

Ada kalanya diperlukan berbagai kejutan yang dapat membuat keluarga kita senang luar biasa bukan kepalang.  Hadiah, tantangan, permainan, lelucon, buah tangan, penambahan perabot rumah tangga baru, dan lain sebagainya akan menjadi bumbu penyedap yang dapat semakin mengakrabkan hubungan antar anggota keluarga.  Kejutan sebaiknya diberikan tidak terus-menerus dan juga tidak terlalu lama jaraknya agar anak isteri kita selalu merasa penasaran dengan kejutan selanjutnya dari sang ayah.

7. Bersenang-Senang Bersama Keluarga

Sediakan waktu luang yang cukup untuk anak isteri kita dalam melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan berbeda dari biasanya.  Kita bisa bermain games, bercanda riang gembira, makan-makan bersama di tempat enak, berjalan-jalan berkeliling sekitar rumah, berbelanja barang kebutuhan keluarga, dan lain sebagainya yang dilakukan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga kita.

8. Menghormati Keluarga Isteri Kita

Istri kita akan merasa senang jika keluarganya diperhatikan oleh diri kita.  Bapak mertua, ibu mertua, kakak ipar, adik ipar, keponakan dari isteri kita dan lain sebagainya merupakan anggota keluarga besar kita juga.  Suka tidak suka, mau tidak mau kita pun harus memperlakukan mereka dengan baik agar isteri kita bahagia.

9. Mempersiapkan Masa Depan

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan kecuali Tuhan yang Maha Esa.  Bukan sesuatu hal yang mustahil diri kita akan dipanggil oleh Tuhan untuk selama-lamanya dari dunia yang fana ini.  Dengan demikian sangatlah penting kita mempersiapkan segala sesuatunya sebagai bekal persiapan anak-anak dan isteri kita nanti di masa depan.

10. Berusaha Menghapus Emosi Jiwa

Hindari melampiaskan berbagai kemarahan dan kekesalan kepada anak-anak dan isteri-isteri kita karena hal itu dapat membawa dampak yang sangat buruk bagi perkembangan sebuah keluarga.  Bukan sesuatu hal yang tidak mungkin kekerasan dalam rumah tangga bisa terjadi akibat dari emosi jiwa yang tidak dapat dikontrol dengan baik.  Banyak-banyaklah bersabar dan menahan emosi di dalam keluarga demi kebaikan kita dan keluarga kita.

Semoga tulisan yang singkat dan sederhana ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua yang membacanya.  Atas berbagai kekurangan dan kesalahan kami mohon maaf lahir dan batin, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Membahagiakan Isteri dan Anak-Anak Kita yang Mudah dan Murah"

Posting Komentar