Kriteria / Ciri Minuman Ringan Sehat yang Menyehatkan Tubuh Kita

Manusia membutuhkan minum dalam kehidupan yang dijalaninya setiap hari untuk bisa bertahan hidup dengan baik.  Dari segi jumlah, air yang dikonsumsi pun juga harus dalam jumlah yang cukup banyak yaitu beberapa liter air setiap hari.  Kekurangan air bisa menyebabkan manusia terkena berbagai gangguan kesehatan seperti dehidrasi, diare, batu ginjal, dan lain sebagainya.  Tubuh manusia yang sebagian besar terdiri atas unsur air menjadi bukti nyata bahwa manusia sangat membutuhkan air yang cukup untuk dikonsumsi setiap hari.

Aktivitas minum adalah aktivitas yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan.  Air merupakan salah satu media yang mudah tercemar oleh berbagai organisme kecil.  Bisa saja di dalam air yang terlihat bersih mengandung bakteri-bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.  Oleh sebab itu air yang hendak diminum sebaiknya disterilkan terlebih dahulu dengan cara direbus, diberi disinfektan, disaring alat tertentu, dan lain-lain.  Minumlah air yang layak diminum, baik dari segi kebersihan maupun kandungannya agar kita dapat tetap sehat.

Beberapa Ciri-Ciri / Kriteria Air Minum yang Baik untuk Kesehatan Manusia :

1. Higienis

Bersih adalah suatu hal yang wajib dipenuhi oleh air yang akan kita minum.  Air yang telah tercemar kuman virus dan bakteri dapat menyebabkan gangguan kesehatan.  Pastikan air yang akan diminum telah direbus dengan benar atau masih tersimpan dengan baik di dalam kemasan air minum dalam kemasan.

2. Tidak Berbahaya Jika Berlebihan

Minumlah minuman yang tidak mengapa jika diminum terlalu sering seperti air putih.  Kopi, teh, minuman manis yang mengandung kadar gula tinggi, minuman bersoda, dan berbagia minuman lainnya bisa saja mengakibatkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan serius jika diminum terlalu sering.

3. Tidak Memabukkan

Minuman yang memabukkan sangat tidak layak untuk diminum.  Ketika kita mabuk akibat minum minuman keras, maka kita akan kehilangan akal pikiran kita sehingga kita tidak dapat melakukan kontrol penuh terhadap apa-apa yang kita lakukan.  Banyak orang yang melakukan tindakan kriminal atau tindakan nekat karena mabuk minuman.

4. Tidak Menyebabkan Ketagihan

Hindari meminum minuman yang dapat membuat ketagihan seperti kopi, soda, alkohol, dan lain-lain.  Minuman yang membuat peminumnya ketagihan akan membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi merasa tersiksa jika tidak minum minuman yang membuatnya ketagihan.  Dengan begitu, hidup orang yang ketagihan minuman pun jadi tidak nyaman lagi seperti dulu kala.

5. Tidak Mengandung Bahan Kimia

Jangan heran apabila air yang jernih ternyatan tidak layak untuk kita konsumsi.  Ada baiknya kita cek terlebih dahulu di laboratorium untuk mengetahui kandungan air yang berasal dari sumber air kita.  Jangan-jangan ada kadar kimia tertentu yang melebihi ambang batas normal.

Apabila ada yang perlu ditambahkan mohon ditambahkan lewat fasilitas komentar di bawah ini.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kriteria / Ciri Minuman Ringan Sehat yang Menyehatkan Tubuh Kita"

Posting Komentar