Kopi Luwak Berasal dari Jawa adalah Minuman Asli Indonesia

Kopi luwak adalah kopi yang asli berasal dari negara kita Indonesia.  Kopi luwak adalah kopi biasa yang difermentasikan di dalam perut luwak (sejenis musang), sehingga kopi yang dihasilkan mengalami reaksi kimia dan akhirnya menjadi jenis kopi baru yang spesial.  Biji kopi yang masuk ke dalam perut musang adalah biji kopi pilihan sesuai dengan selera si luwak.  Itulah mengapa kopi luwak menjadi begitu spesial.  Musang akan memakan buah kopi yang terbaik saja, kecuali hanya buah kopi yang buruk saja yang ada.

Musang luwak yang menjadi pabrik biji kopi luwak pada awalnya hanya ditemukan di pulau jawa saja.  Luwak dapat memakan buah kopi arabika dan buah kopi robusta.  Produksi kopi luwak mulai ada sekitar abad ke-19 pada zaman tanam paksa imperialis belanda.  Karena pada zaman dahulu kala rakyat pribumi sulit minum kopi, maka biji kopi yang ada di kotoran luwak pun diolah menjadi kopi daripada mubazir.  Namun karena rasanya enak, akhirnya kaum penjajah pun juga ikut mencicipi kopi luwak tersebut dan akhirnya dijadikan komoditas pula dengan harga yang sangat mahal.  Mungkin itu ceritanya di masa lalu yang mungkin menjadi penyebabnya orang indonesia lokal pada saat itu tidak bisa lagi mencicipi kopi dari perkebunan belanda.

Kupi luwak harganya sangat mahal, karena memang cara pembuatannya yang gampang-gampang susah dan juga terbatas.  Musang jenis luwak tidak mungkin makan dan buang air besar dalam jumlah yang sangat besar.  Karena itulah produksi kopi luwak amat terbatas.  Kecuali jumlah luwaknya diperbanyak menjadi jutaan ekor mungkin akan dapat menekan harga menjadi lebih murah.  Namun jika dipikir-pikir kasihan juga luwak yang merupakan binatang liar yang lucu sejak lahir hingga mati dikandangi untuk makan buah kopi matang dan diambil kotorannya.  Jika hal tersebut terus dilakukan, lama-kelamaan kopi luwak akan diboikot oleh luar negeri karena menyengsarakan hewan liar.

Saat ini tidak hanya masyarakat indonesia yang banyak mengkonsumsi kopi luwak khas indonesia.  Negara lain seperti arab saudi, jepang dan korea selatan juga banyak mengimpor kopi luwak asal indonesia.  Namun saat ini pun juga ada negara lain yang bisa memproduksi kopi luwak sebagai saingan dagang negara kita, yaitu malaysia dan thailand.  Aroma dan rasa kopi luwak memang berbeda dari kopi-kopi yang lain.  Rasanya beda dan lebih nikmat namun bentuknya sama-sama kopi.  Yang paling spesial dari kopi luwak adalah kandungan kafein yang rendah, kandungan kalori yang rendah dan juga kandungan asam kopi yang rendah.  Kopi luwak yang diproduksi sesuai aturan agama islam adalah minuman yang halal sehingga boleh dikonsumsi oleh semua orang kecuali orang yang merasa jijik.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kopi Luwak Berasal dari Jawa adalah Minuman Asli Indonesia"

Posting Komentar