Keberadaan Belatung Lalat Artinya Menandakan Ada Bangkai Atau Makanan Busuk

Jika kita menemukan belatung di rumah kita, maka berarti bisa jadi ada bangkai hewan atau ada bahan makanan yang membusuk yang harus segera kita bersihkan untuk menghindari penyakit berbahaya yang bisa saja timbul.  Belatung adalah larva dari lalat atau laler yang ada di sekitar kita.  Belatung dapat dengan mudah kita temukan pada bangkai-bangkai hewan besar yang mati dan membusuk di tempat terbuka.

Daur hidup lalat adalah lalat dewasa hinggap pada bangkai binatang, kemudian bertelur, dan kemudian telur menetas menjadi larva belatung yang akan menyantap bangkai binatang tersebut.  Setelah belatung dewasa dan cukup makan maka akan berubah menjadi pupa atau kepompong.  Setelah cukup waktunya, kepompong lalat akan berubah menjadi lalat.  Daur hidup ini berulang terus-menerus pada berbagai media yang disukai belatung.  Belatung pun bisa kita temukan di buah-buahan atau sayur-sayuran segar.  Oleh sebab itu berhati-hatilah ketika makan buah-buahan, karena apabila kurang hati-hati dapat membuat belatung termakan dan akhirnya masuk ke dalam sistem pencernaan kita.  Bagian yang menghitam atau cacat biasanya mengandung ulat belatung di dalamnya.

Pada mayat atau bangkai hewan bisa saja ada bakteri patogen pemakan daging, sehingga jika kita terinfeksi bakteri patogen tersebut maka bakteri itu akan menggerogoti daging yang ada di dalam tubuh kita kita (manusia) yang masih sehat.  Jika infeksinya sudah cukup parah maka harus segera diamputasi agar tidak merembet ke bagian tubuh yang lain.  Keterlambatan mengamputasi bagian tubuh yang terinfeksi bakteri patogen aktif bisa menyebabkan kematian apabila telah sampai ke organ-organ tubuh vital manusia.

Biarpun menjijikkan belatung tetap berjasa dalam kehidupan kita karena membantu mengurai sampah-sampah di alam sekitar kita. Tanpa adanya larva lalat yang berupa belatung serta serangga-serangga lainnya yang memakan bangkai, maka bangkai hewan akan terurai dalam waktu yang lama sehingga baunya pun akan lama hilangnya dari daerah yang didiami oleh bangkai binatang atau makanan busuk tersebut.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Keberadaan Belatung Lalat Artinya Menandakan Ada Bangkai Atau Makanan Busuk"

Posting Komentar