Cara Mengurangi Barang Perabot di Rumah Tanpa Diberikan ke Orang Lain

Hidup berumah tangga sudah pasti banyak permasalah yang silih berganti muncul dari waktu ke waktu.  Salah satu permasalahan yang muncul dalam kehidupan rumah tangga adalah masalah barang-barang yang ada di rumah.  Rumah atau unit apartemen yang berukuran kecil biasanya akan memunculkan masalah ketika penghuninya terlalu banyak memasukkan barang-barang ke dalamnya, sehingga lama-kelamaan dapat membuat rumah menjadi semakin sempit.

Sebagian orang memang memiliki sifat konsumtif yang tinggi tanpa dibarengi dengan kemampuan manajemen barang rumah yang baik, sehingga barang-barang yang ada di rumah semakin hari semakin membludak sehingga sulit untuk diatur sedemikian rupa agar terlihat rapi.  Banyak rumah yang terlihat kacau balau di dalamnya akibat dari penataan barang-barang yang semrawut tidak beraturan sehingga terkesan seperti gudang yang dijadikan tempat tinggal.

Untuk mengurangi onggokan barang-barang rumah tangga yang ada di dalam rumah, cara yang paling jitu adalah dengan cara mempersiapkan suatu tempat khusus untuk dijadikan gudang.  Anda dapat membeli atau menyewa sebuah rumah untuk dijadikan tempat penyimpanan barang-barang.  Upayakan agar rumah gudangnya letaknya tidak terlalu jauh dari rumah yang ada saat ini.  Untuk mencapai rumah gudang haruslah dapat dengan mudah dicapai dengan berjalan kaki dalam mengantisipasi kebutuhan suatu barang yang bersifat darurat alias mendesak untuk segera diambil saat itu juga.

Jika rumah yang akan dijadikan gudang sudah tersedia, maka selanjutnya adalah memindahkan barang-barang yang jarang atau tidak pernah digunakan dari rumah utama ke rumah cadangan.  Kategorikan barang-barang tersebut berdasarkan fungsi, jenis, kegunaan, pemilik dan lain sebagainya.  Kemudian masukkan barang-barang tersebut ke lemari penyimpanan atau ke dalam kardus.  Setelah itu tandailah lemari atau kotak kardus yang ada sebagai penanda yang satu dengan yang lain. Selanjutnya adalah membuat daftar barang-barang yang ada di lemari dan kardus agar nantinya dapat digunakan untuk memudahkan anda dan anggota keluarga lainnya untuk mencari barang yang dicari di kemudian hari.

Rumah gudang juga dapat menjadi rumah cadangan ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.  Misalnya terjadi tsunami, gempa bumi, kebakaran, banjir, huru-hara, kekeringan air bersih, dan lain sebagainya.  Dengan adanya rumah cadangan maka anda dan keluarga pun tidak bingung-bingung lagi mencari tempat tinggal yang baru karena sudah ada rumah gudang.  Oleh karena itu siapkanlah satu atau beberapa ruangan di rumah gudang yang dijadikan sebagai tempat tinggal yang layak di saat situasi dan kondisi yang tidak menguntungkan untuk tinggal di rumah utama.  Akhir kata, apabila ada kekurangan maupun kesalahan mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengurangi Barang Perabot di Rumah Tanpa Diberikan ke Orang Lain"

Posting Komentar